adminch Agustus 19, 2018

Tahun 1962, 17 tahun setelah merdeka, Bung Karno berani menjadi tuan rumah Asian Games yang ke-4, walaupun saat itu Indonesia belum memiliki fasilitas olah raga dan pendukungnya yang memadai. Alhasil, pembangunan di Jakarta pun digenjot dengan dibangunnya kompleks olah raga yang sangat wah di Senayan dan fasilitas pendukung yang juga sangat wah untuk ukuran bangsa yang belum lama merdeka. Hotel Indonesia pun dibangun, tugu selamat datang pun dengan gagah berdiri. Bung Karno menggunakan event Asian Games untuk menggelorakan semangat membangun bangsa. Semangat Nation Building!

Tahun 2018 Indonesia kembali menjadi tuan tumah Asian Games. Dan acara pembukaan Asian Games ke-18 malam ini sungguh sangat membanggakan dan mengharukan! Semangat Nation Building kembali hadir! Selama lebih dari 2 jam menonton acara pembukaan, saya terkaget-kaget dan berkali-kali berkata wow melihat acara dahsyat yang penuh kejutan ini. Panggung raksasa yang out of the box sungguh membuat kita bangga menjadi bangsa Indonesia. Kedatangan presiden Jokowi yang dikemas bak film laga juga penuh kejutan dan sangat epic sekali. Luar biasa dan sangat out of the box! Semangat nation building yang digelorakan Bung Karno tahun 1962 seolah hadir kembali, tapi kini dengan kemasan yang luar biasa indah, sangat mengharukan, dan sangat membanggakan.

Foto dari berbagai grup WAG

Keseluruhan rangkaian acara hiburan juga membuat kita bangga sebagai bangsa Indonesia. Tarian Ratoh Jaloe (bukan tari Saman yang ditarikan kaum pria) besutan koreografer Denny Malik untuk membuka acara membuat kita merinding bangga. Pertunjukan kolosal berikutnya besutan Koreografer Eko Supriyanto yang dibagi dalam beberapa segmen, mulai dari segmen air, segmen bumi, segmen api dan ditutup segmen “energy of asia” membuat kita semakin bangga sebagai bangsa Indonesia. Kita bangga bisa menampilkan budaya nusantara yang utuh, menampilkan kebhinekaan kita dengan sangat indah dan elegan. Penampilan seluruh artis malam ini juga sangat keren dan elegan. Wah, acara pembukaan Asian Games malam ini sungguh membuat kita bangga dan terharu.

Pesan yang ditampilkan keseluruhan acara juga sangat pas dengan tantangan yang dihadapi Indonesia dan bangsa Asia saat ini. Pesan persatuannya sangat menyentuh, bahwa kalau bersatu bangsa ini bisa menjadi bangsa yang besar dan hebat. Pesan itu semakin kuat karena Asian Games kali ini menandari semangat bersatunya 2 bangsa yang selama ini selalu berseteru, Korea Selatan dan Korea Utama, yang sepakat bertanding sebagai bangsa yang satu, bangsa Korea. Asian Games kali ini seperti mengingatkan kita bangsa Indonesia untuk terus menjaga persatuan, untuk terus merawat semangat bineka tunggal ika, supaya bisa menjadi bangsa yang besar. Momen Asian Games kali ini berhasil mengingatkan kita untuk menjaga semangat “nation building” seperti yang digelorakan Bung Karno di Asian Games 1962.

Terima kasih seluruh panitia, terima kasih Presiden Jokowi, yang berhasil menghadirkan kembali semangat kebangsaan dan kebanggaan sebagai bangsa! Semangat “Energy of Asia” semoga benar-benar dapat memacu bangsa ini untuk tetap bersatu dan membangun bangsanya menjadi bangsa yang besar dan disegani. Semoga.

Salam,
Hari

dari WA Hari Tjahjono, Abyor Founder

Please follow and like us:

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.