adminch Juli 11, 2018

Saat ini 12 remaja Thailand dan pelatih sepakbola mereka terjebak di gua akibat banjir. FIFA mendoakan keselamatan mereka dan mengundang ke final Piala Dunia.

Sebanyak 12 pesepakbola muda Thailand terjebak di gua Tham Luang, Chiang Rai, bersama pelatih sepakbola mereka. Mereka sempat menghilang selama sembilan hari sebelum kemudian ditemukan lokasinya oleh regu penyelamat.

Hingga saat ini sudah 13 hari mereka terjebak. Upaya penyelamatan masih terus dilakukan tapi terkendala kondisi alam. Banjir membuat akses masuk gua amat sulit, bahkan seorang anggota tim penyelamat bernama Saman Gunan meninggal saat mengirimkan tabung oksigen.

Padahal Saman Gunan adalah mantan tentara angkatan laut Thailand. Kini kekhawatiran pun semakin besar, mengingat kondisi anak-anak ini berpotensi terus menurun dan kadar oksigen di dalam gua yang berada 1 km di bawah tanah tersebut bisa terus menipis. Mereka juga dilaporkan tak dalam kondisi siap untuk menyelam.

Simpati datang dari berbagai pihak termasuk FIFA, yang saat ini tengah disibukkan dengan Piala Dunia 2018 di Rusia. Mereka mengirimkan surat ke Asosiasi Sepakbola Thailand, sekaligus menyatakan inisiatif untuk mengundang anak-anak tersebut menonton final Piala Dunia 2018.

Tentunya jika mereka berhasil diselamatkan tepat waktu dan dalam kondisi bagus untuk melakukan perjalanan.

“Atas nama komunitas sepakbola internasional, saya ingin ikut Anda mengekspresikan simpati terdalam dan dukungan untuk keluarga dari para pemain dan pelatih, juga solidaritas saya bersama warga Thailand di masa-masa penuh keprihatinan ini,” ujarnya dilansir Independent.

“Saya berharap, entah bagaimana kata-kata dukungan kami mungkin membantu memberikan mereka sedikit rasa tenang dan keberanian di momen-momen sulit penuh ketidakpastian dan keprihatinan ini.”

“Kalau, seperti yang kita semua harapkan, mereka dipertemukan lagi dengan keluarga mereka dalam beberapa hari ke depan dan kesehatan mereka menjamin mereka untuk melakukan perjalanan, FIFA akan dengan senang mengundang mereka untuk menghadiri final Piala Dunia 2018 sebagai tamu kami,”

Final Piala Dunia 2018 sendiri akan digelar 15 Juli mendatang di Luzhniki Stadium, Moskow.

Please follow and like us:

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.