Apakah Meikarta akan seperti Kota-kota dan Apartemen Hantu China

Membayangkan kota hantu, jangan seperti film horor China atau film horor lainnya yang menggambarkan gedung-gedung muram dengan arsitektur gotik memenuhi suatu bukit atau hutan. Tapi, Ghost Cities atau kota-kota Hantu China adalah bangunan-bangunan baru yang dibangun dengan cepat. Tapi karena tidak ada peminat maka penghuni kota pun kosong dan menjadi kota hantu.

Kota-kota baru yang luas dibangun di seluruh China dengan laju sepuluh kota per tahun. Namun kota-kota baru tersebut malah menjadi   kota hantu yang hampir tak berpenghuni. Mengejar target menjadi terdepan dan menguasai ekonomi dunia, Cina malah menghadapi dilema ekonomi bagai balon yang siap meletus – bubble economy.

“Ada sekitar 64 juta apartemen kosong di China,” klaim analis properti Gillem Tulloch yang berbasis di Hongkong. Ini semua adalah bagian dari upaya pemerintah China untuk menjaga agar ekonomi tetap booming dan ada banyak orang yang ingin pindah, namun propertinya dihargai sangat mahal.

Beginilah wajah kota dengan apartemen dan mall yang masih kosong :

Sebagai contoh betapa sepinya pengunjung mall, di kota baru Dongguan,  setelah pukul 2 siang pemilik toko Tian Yu Gao belum melayani satu pelanggan pun. “Agak membosankan,” desahnya. Toko mainannya hanya dapat menjual satu item produk setiap lima hari sekali. Toko terbukanya adalah pemandangan langka di Great Mall, yang lainnya sudah lama tutup.

Great Malll adalah mall terluas yang pernah digembar-gemborkan oleh New York Times sebagai bukti budaya konsumen China yang menakjubkan. Namun faktanya yang dihadapi adalah kekosongan yang menakutkan. “Tidak bisa bertahan seperti ini,” tegas Tulloch, “ketika gelembung meledak, itu akan memiskinkan sejumlah besar orang”.

Kota hantu Cina muncul dengan cepat karena kemampuan konstruksi Cina yang cepat untuk mengejar pertumbuhan ekonomi. Satu apartemen dibangun hanya dalam 7 hari, satu gedung pencakar langit paling lama satu bulan sudah berdiri, maka kota-kota hantu Cina pun bermunculan dengan cepat. Cina bukan saja membangun kota-kota hantu di negaranya tapi juga di negara lain di Afrika, Srilangka, dan kini mungkinkan di Indonesia?

Nah beginilah bentuk dan wajah kota hantu China, apakah kota Meikarta yang digadang-gadang akan di bangun di Jawa Barat juga cuma akan menjadi kota dan apartemen hantu seperti di Cina?

 

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*